Jasa Tes Psikologi di Karpote

Tugas dan Tanggungjawab Konsultan Bisnis Serta Skill yang Harus di Kuasai

 

JASA PELATIHAN SDM

Business Consultant atau konsultan bisnis adalah bisnis yang memberi jasa konsultasi terhadap sebuah bisnis atau usaha, baik pada perorangan atau perusahaan. Konsultan bisnis merupakan orang yang ahli dalam bidang ekonomi dan bidang bisnis. Konsultan bisnis biasanya diperlukan bagi pebisnis yang ingin melakukan konsultasi mengenai pengembangan, perencanaan, ataupun masalah dan hal-hal lain terkait dengan bisnisnya.

Konsultan bisnis kebanyakan disewa oleh sebuah perusahaan atau seorang owner bisnis dengan tujuan untuk membantu meningkatkan bisnis. Misalnya, konsultan bisnis dipekerjakan untuk membantu sebuah perusahaan untuk meningkatkan kinerja perusahaan. Atau bisa juga untuk membantu sebuah perusahaan mengembangkan sistem yang dapat meningkatkan produktivitas perusahaan secara keseluruhan, mengidentifikasi, dan mengevaluasi tentang strategi perekrutan karyawan.

Pada dasarnya, apabila perusahaan dalam keadaan bermasalah, maka dapat menggunakan jasa seorang konsultan bisnis. Baik itu terkait dengan produktivitas, efisiensi, ataupun masalah lain yang terkait dengan manajemen bisnis perusahaan.

Tugas Dan Tanggungjawab Konsultan Bisnis

Saat menjalankan tugas, konsultan bisnis memiliki tanggungjawab untuk mengidentifikasi area bisnis yang bisa dioptimalkan. Tugas utama dari konsultan bisnis adalah memberi dukungan dan informasi yang membantu klien dalam menjalankan dan menyusun strategi bisnis. Namun tugas dan tanggungjawab seorang konsultan bisnis tak hanya itu, berikut ini adalah beberapa tugas dan tanggungjawab seorang konsultan bisnis:

  1. Memberi Pelayanan Jasa Konsultasi Pada Perusahaan atau Organisasi Milik Klien

Pekerjaan dari seorang bisnis konsultan yang paling utama adalah memberi jasa konsultasi pada klien mereka, yaitu perusahaan atau sebuah organisasi. Sehingga seorang konsultan bisnis diharuskan untuk mempelajari organisasi atau bisnis dari klien mereka secara rinci dan detail untuk memberi saran yang tepat.

  1. Dapat Mengidentifikasi Permasalahan Pada Bisnis

Mengidentifikasi masalah yang dimiliki bisnis klien merupakan tugas dari seorang konsultan bisnis. Tugas ini lebih mengarah kepada untuk mencari akar dari permasalahan bisnis yang dialami klien, dimana klien membutuhkan pihak ketiga atau seorang dari eksternal perusahaan ataupun organisasi untuk melihat dimana akar permasalahan secara subjektif. Hal ini disebabkan jika ada indikasi bias atau blind spot dari internal atau dalam perusahaan untuk melihat sebuah masalah.

  1. Memberi Solusi Atas Permasalahan dalam Bisnis Klien

Seorang bisnis konsultan dituntut harus bisa memberi solusi yang tepat dari permasalahan yang dialami klien dalam bisnisnya. Solusi yang diberi oleh konsultan bisnis harus realistis agar dapat dilakukan oleh klien dalam melakukan perbaikan dan menyelesaikan masalah pada bisnisnya.

  1. Melakukan Proyeksi Road Map pada Bisnis

Tugas dari konsultan bisnis yang krusial adalah membuat dan melakukan proyeksi road map bisnis kedepannya. Salah satu contohnya adalah pengembangan bisnis yang memungkinkan perusahaan klien mendapat pendapatan lain. Roadmap terbagi menjadi tiga, yaitu:

  • Jangka Pendek
  • Jangka Menengah
  • Jangka Panjang

Hingga seorang bisnis konsultan harus mampu untuk berfikir kreatif dan keluar dari kotak (out of the box) agar dapat memberi ide peluang bisnis yang menguntungkan klien.

  1. Dapat Melakukan Komunikasi yang Baik dengan Klien

Seorang konsultan bisnis harus mampu untuk berkomunikasi dengan baik dan aktif pada klien mereka. Untuk melakukan identifikasi masalah, brainstorming ide peluang bisnis, dan pemberi solusi maka seorang konsultan bisnis harus mendapat informasi perusahaan yang lengkap dan rinci dari klien. Selain itu, konsultan bisnis harus dapat mengetahui apa yang diinginkan oleh klien mereka.

  1. Meninjau Financial Management, Akuntansi, dan Budgeting Bisnis

Konsultan bisnis bertugas dalam meninjau pengelolaan keuangan, proses akuntansi, dan pengganggaran dana bisnis klien, melihat apakah hal tersebut dalam kondisi yang sehat atau tidak. Sehingga konsultan bisnis dapat memutuskan strategi untuk kemajuan bisnis dari kliennya kedepan dengan langkah yang strategis.

  1. Melakukan Riset

Pekerjaan lain dari konsultan bisnis adalah melakukan riset seperti melakukan interview, observasi, survey, dan juga mencari data dari laporan dan jurnal yang valid. Hal ini dilakukan sebagai langkah awal konsultan bisnis untuk mengidentifikasi masalah dan menentukan rencana bisnis milik klien kedepannya.

  1. Memberikan Pelatihan Bisnis

Tugas dari seorang konsultan bisnis juga memberi pelatihan bisnis pada klien atau pemilik bisnis dan beberapa eksekutif perusahaan. Dikarenakan klien membutuhkan informasi terkini terkait dalam pembangunan bisnisnya, apalagi strategi bisnis terus berkembang di era digital. Pelatihan ini dilakukan dengan tujuan agar klien dan beberapa eksekutif perusahaan dapat menjadi tenaga kerja terlatih dan menjadi lebih baik dibanding dengan sebelumnya. Beberapa pelatihan yang dilakukan oleh konsultan bisnis adalah pengenalan dan penggunaan sistem SaaS, ERP, CRM, Cloud atau POS, dan skill digital marketing.

Skill Yang Dibutuhkan Konsultan Bisnis

Agar dapat menjadi seorang konsultan bisnis profesional, diperlukan beberapa keterampilan yang harus dikembangkan. Keterampilan tersebut antara lain:

  1. Leadership

Leadership atau kepemimpinan adalah kemampuan untuk memengaruhi ataupun menginspirasi orang lain agar melakukan tindakan agar sesuai dengan rencana. Adanya kepemimpinan memengaruhi kelancaran operasional atau proyek. Karena salah satu pekerjaan konsultan bisnis adalah memastikan kelancaran bisnis klien.

  1. Proplem Solving

Seorang konsultan bisnis harus memiliki skill penyelesaian masalah karena para konsultan bisnis dituntut untuk memecahkan masalah bisnis yang dimiliki oleh klien mereka.

  1. Creativity

Konsultan bisnis harus berfikir kreatif dalam memecahkan masalah dan mengembangkan strategi bisnis bagi klien. Pastinya klien menaruh harapan besar pada konsultan bisnis untuk memberi berbagai saran yang tepat untuk mengembangkan bisnis.

  1. Consulting and Training Skills

Seorang konsultan bisnis harus memiliki skill komunikasi yang baik. Konsultan bisnis akan melakukan berbagai konsultasi dengan klien dan memberikan berbagai pelatihan terhadap tenaga kerja yang harus dipastikan tersampaikan dengan komunikasi yang baik dan tepat.

  1. Analytical Evaluation Skills

Dalam melakukan riset pasar, konsultan bisnis membutuhkan sebuah kemampuan Analisa yang baik dalam menganalisis dan interpretasi data yang dapat diimplementasikan dalam business plan yang realistis.

Itu tadi adalah skill yang dibutuhkan oleh seorang konsultan bisnis. Apabila Anda tertarik ingin menggunakan jasa konsultan bisnis untuk perusahaan, pilihlah PT. BRILIAN SOLUSI PERFORMANSI (BSP). Perusahaan konsultasi bisnis yang cepat, harga terjangkau, dan akurat. Untuk informasi lebih lanjut kunjungi bsp-konsultan.com. Perusahaan yang bergerak di bidang konsultan HRD dan pelatihan SDM, serta konsultan psikologi.